Senin, 23 September 2013

Digital Life in Ubiquitous World



Pembicara: Dito Respati (Head of Mobile App Developer Community Telkomsel)

Indonesia memiliki banyak sekali developer yang sudah sangat canggih. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya aplikasi yang telah berhasil diciptakan oleh developer Indonesia. Namun sayangnya, para developer tersebut berada di bawah perusahaan yang dimiliki oleh pihak asing. Ini disebabkan developer Indonesia tidak memiliki kemampuan manajemen yang baik. Mereka seringkali tidak tahu cara menghasilkan uang dari aplikasi yang telah mereka ciptakan. Padahal tidak sedikit yang bersedia membeli aplikasi mereka.
Selain itu Indonesia juga mempunyai konsumen yang telah menggunakan mobile dalam kesehariannya baik untuk berkomunikasi hingga untuk membantu pekerjaan mereka. Bahkan mulai kalangan atas hingga bawah pun telah banyak yang menggunakan smartphone dan telah mengenal internet.

Dengan melihat fakta tersebut developer seharusnya dapat memanfaatkan peluang untuk menjual karya mereka sendiri. Dari sini lah Telkomsel memiliki keinginan untuk menampung developer-developer Indonesia untuk selanjutnya memberikan bekal mengenai bagaimana memanajemen aplikasi yang telah mereka buat untuk selanjutnya dapat menghasilkan uang.

TemanDev adalah wadah bagi para developer tersebut. Selain kemudahan bagi para developer untuk menjual karyanya, Telkomsel juga memberi kemudahan bagi konsumen untuk membeli aplikasi dengan melakukan pembayaran menggunakan pulsa. Yaitu dengan memotong pulsa konsumen tiap melakukan pembelian tanpa harus menggunakan kartu kredit.

IP Multimedia Subsystem
IP Multimedia Subsystem adalah penerapan teknologi konvergensi jaringan wireless dan wireline yang memanfaatkan layanan multimedia pada keduanya. Teknologi ini diciptakan untuk menjadi perantara bagi operator telekomunikasi dengan teknologi. Dengan adanya IP Multimedia System akan memungkinkan adanya keseimbangn pada kerja mesin di masa mendatang sehingga akan memungkinkan juga untuk menciptakan mesin-mesin yang dapat berkomunikasi satu sama lain.

Sumber :
-          Seminar Digital Life in Ubiquitous World (IT Fest)

Rahmah Noor Fadiyah
5110100050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar